KONTAK SOSIAL

Rabu, 05 Agustus 2009

A.kontak :kata kontak berasal dari con atau cum yang artinya bersama-sama dan kata tango yang artinya menyentuh.jadi secara harfiah kontak berarti saling menyentuh. Wujud kontak sosial dibedakan menjadi tiga antara lain à kontak antarindividu contoh kontak antara anak dan orang tuanya,kontak antara siswa dan siswa lainnya. à kontak antar kelompok contoh kontak antara dua perusahaan dalam hubungan bisnis. àKontak antara individu dan suatu kelompok contoh kontak antara seorang calon anggota dan para anggota organisasiyang akan dimasukinya. Kontak sosial langsung dan tidak langsung *kontak primer yaitu hubungan timbal balik yang terjadi secara langsung. *kontak sekunder yaitu kontak sosial yang memerlukan pihak ketigasebagai media untuk melakukan hubungan timbal balik.
B.Bentuk-bentuk Interaksi sosial (association processes) A.kerja sama :suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok uintuk mencapai tujuan bersama. Bentuk kerjasama antara lain -kerja sama spontan yaitu kerjasama yang terjadi secara serta-merta. -kerja sama langsung yaitu kerja sama sebagai hasil dari perintah atasan kepada bawahan atau pengusaha teerhadap rakyatnya. -Kerja sama kontrak yaitu kerja sama atas dasar syarat-syarat ketetapan tertentu yang disepakati bersama. B.Akomodasi à proses penyesuaian diri dari orang-perorangan . Bentuk akomodasi antara lain -koersi : suatu bentuk akomodasi yang terjadi melalui pemaksaan kehendak pihak tertentu terhadap pihak lain yang lebih lemah .contoh sistem pemerintahan totalitarian. -kompromi : suatu bentuk akomodasi ketika pihak-pihak yang terlibat perselisihan saling mengurangi tuntutan agar tercapai suatu penyelesaian. C.Asimilasi :pada dasarnya merupakan perubahan yang dilakukan secara sukarela,yang umum dimulai dari penggunaan bahasa. -Syarat asimilasi antara lain -terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda. -terjadi pergaulan antaindividu atau kelompok secara intensif dan dalam waktu yang relatif lama. Faktor pendorong asimilasi antara lain -Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan. -kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi. -kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya. Faktor penghalang asimilasi antara lain -kelompok yang terisolasi atau tersaing (biasanya kelompok minoritas). -kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan baru yang dihadapi. D.Akulturasi : proses penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kebudayaan suatu kelompok tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaan asing. 2.Proses disosiatif (opposition processes) A. persaingan (competition) : merupakan suatu proses sosial ketika ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu.
Fungsi persaingan antara lain -Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang sama-sama menuntut dipenuhi,padahal sulit dipenuhi semuanya secara serentak. B. Kontarvensi àpenentangan secara diam-diam. Bentuk kontravensi menurut leopold vin wiese dan howard becker antara lain -kontravensi umum misalnya penolakan -Kontarvensi sederhana.misalnya menyangkal pernyataan orang didepan umum. C,pertikaian àperselisihan terbuka. D.Konflik àpersilisihan sederhana. Faktor penyebab konflik antara lain -perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan -perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat. -perbedaan kepentingan anatara individu dan kelompok diantaranya menyangkut bidang ekonomi,politik,dan sosial. Macam konflik antara lain -Konflik antara atau dalam peranan sosial,misalnya antar peran dalam keluarga dan profesi. -Konflik antara kelompok-kelompok sosial Akibat konflik antara lain -Meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok yang mengalami konflik dengan kelompok lain. Akibat konflik antara lain
àmeningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok yang mengalami konflik dengan kelompok lain. àkeretakan hubungan antara anggota kelompok,misalnya akibat konflik antarsuku. àperubahan kepribadian pada individu,misalnya adanya rasa benci dan saling curiga akibat perang.


0 komentar:

Poskan Komentar